Kamis, 13 November 2014

Putri Aceh Menangkan Lomba Cerpen UGM

Yogyakarta - Humaira Anwar salah satu alumni Universitas Syiah Kuala Aceh berhasil meraih juara I Lomba Cerpen pada Malam Anugerah Seni dan Sastra yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu dan Budaya Universitas Gadjah Mada, diikuti juara II oleh Radi Suzais, dan juara III oleh Nurlaili (13/11/2014).
Mahasiswi angkatan 2013 pascasarjana FIB UGM ini berhasil mengeliminasi 287 karya sastra lainnya dengan cerpennya yang berjudul “Dodaidi Terakhir”. Tak hanya itu, karya tersebut juga dibacakan oleh Anindi (mahasiswi FIB UGM) di Malam Anugerah Seni dan Sastra FIB UGM 2014 yang digelar di Auditorium, Gedung Purbatjaraka, lantai 3, FIB UGM.

            Pada Malam Anugerah Seni dan Sastra 2014 ini juga dibacakan katagori lomba Fotografi, Kritik Sastra, Film Pendek, dan Puisi. Juara I lomba fotografi dimenangkan oleh Lanang, diikuti juara II oleh M.Jeffry Hanafiah, dan juara III oleh Albertus Vebrianto. Juara I kritik sastra diraih oleh Endhiq, juara II oleh Achmad Fawarid, dan juara II oleh Dwi Raharyoso.
            Juara I lomba puisi berhasil dibawa pulang oleh Mustofa W Hasyim, Juara II oleh Raidu Badrus Sholeh, dan juara III oleh Abi Marda Kurniawan. Sedangkan juara I lomba film pendek diraih oleh Hendri Kusnia, Juara II oleh Andi Purnawan, dan juara III oleh Hernanda. Masing-masing pemenang utama mendapatkan uang sebesar Rp 10 juta, juara kedua Rp 7.5 juta, dan juara ketiga senilai Rp 5 juta.
            Wulan, ketua panitia, melaporkan ada 1.100 karya yang masuk dalam penjurian tahun ini, diantaranya cerpen dengan jumlah 288 karya, puisi sekitar 700 karya, film pendek 25 karya, kritik sastra 27 karya, dan fotografi 67 karya. “Dari tahun sebelumnya meningkat 7 kali lipat,” ungkapnya. Acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan-penampilan seni oleh mahasiswa FIB UGM; pembacaan puisi yang berjudul Bunga Ibris Kyai Bisri oleh Kristi and Friends, pembacaan cerpen “Dodaidi Terakhir” oleh Anindi, dan lain sebagainya.

Pembacaan Cerpen karya Humaira Anwar yang berjudul Dodaidi Terakhir

    
Pembacaan Puisi karya Mustofa W Hasyim yang berjudul Bunga Ibris Kyai Bisri
  

2 komentar: